Home / Tips dan Trik / 3 Cara Mengamankan Chat WhatsApp Agar Tidak Disadap

3 Cara Mengamankan Chat WhatsApp Agar Tidak Disadap

Saat ini udah sangat marak beredarnya aplikasi sadap HP Android dari jarak jauh loh! Hati-hati yaa gaes! Karena, privasi kamu bisa diketahui orang lain. Lalu gimana dong solusinya? Tenang, kamu bisa mengetahui tanda-tanda HP yang disadap dan juga cara mengatasinya.

Cara Mengamankan WhatsApp

Nah, cara mengatasi WhatsApp yang disadap, kamu bisa mengunci chat WhatsApp terlebih dahulu. Lalu, gimana ya caranya? Yaudah, langsung simak saja

3 Cara Mengamankan Chat WhatsApp Agar Tidak Disadap

Metode1: Mengaktifkan Fitur “Verifikasi Dua Langkah”

  1. Buka aplikasi WhatsApp > Kemudian tap icon titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Selanjutnya itu tap ‘Setelan‘ > Lalu tap ‘Akun‘.
  3. Kemudian tap ‘Verifikasi Dua Langkah‘ > Selanjutnya tap tombol ‘Aktifkan‘.
  4. Setelah itu masukkan PIN sebanyak 6 digit sesuai dengan keinginan kamu > Kemudian masukkan kembali PIN untuk konfrimasi.
  5. Lalu masukkan alamat email kamu dan tap tombol ‘Lanjut‘ > Kemudian masukkan kembali alamat email kamu untuk konfrimasi dan tap tombol ‘Simpan‘.

Metode 2: Mengunci Chat WhatsApp Menggunakan Aplikasi ‘Obrolan Locker’

  1. Download dan install aplikasi ‘Obrolan Locker‘ di Play Store.
  2. Setelah itu jalankan aplikasinya > Kemudian pilih bahasa ‘Indonesian‘ dan tap tombol ‘OK‘ > Selanjutnya masukkan PIN dan juga kata kunci rahasia yang kamu inginkan dan tap tombol ‘Oke‘ di pojok kanan bawah.
  3. Lalu tap icon ‘Plus‘ di pojok kiri bawah > Kemudian tap ‘Mengunci WhatsApp Chatting‘.
  4. Lalu akan muncul message box, langsung aja tap tombol ‘Oke‘ > Kemudian aktifkan aksesibilitas aplikasi dengan tap ‘Obrolan Locker‘.
  5. Kemudian geser toggle untuk mengaktifkan dan tap tombol ‘Oke‘ untuk menggunakan aplikasi Obrolan Locker.
  6. Setelah itu untuk mengunci chat WhatsApp, kamu tap icon ‘Plus‘ di pojok kiri bawah >Kemudian tap ‘Mengunci WhatsApp Chatting‘.
  7. Setelah itu akan muncul message box, kamu tap tombol ‘Oke‘ > Lalu pilih dan tap yang lama pada chat WhatsApp yang ingin kamu kunci.
  8. Jika sudah di-tap yang lama > Kemudian kamu tap tombol ‘Back‘ sebanyak 2x pada smartphone kamu.
  9. Lalu secara otomatis akan kembali ke aplikasi Obrolan Locker dan langsung muncul message box > Kemudian kamu tap tombol ‘Oke‘. Nah, untuk mengecek apakah berhasil kamu mengunci chat WhatsApp, kamu buka aplikasi WhatsApp dan tap chat WhatsApp yang sudah kamu kunci tadi.
  10. Tarraaa… chat WhatsApp kamu sudah terkunci deh. Nah, untuk membukanya kamu harus memasukkan PIN-nya dan tap tombol ‘Oke‘ di pojok kanan bawah. Sekarang kamu sudah bisa lihat deh isi chat WhatsApp tersebut.

Metode 3: Kunci Aplikasi WhatsApp Menggunakan Aplikasi ‘AppLock – Fingerprint Unlock’

  1. Download dan install aplikasi ‘AppLock – Fingerprint Unlock‘. Oh iya, kamu nggak cuma bisa pakai aplikasi ini ya gaes, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi untuk mengunci aplikasi yang ada di Play Store.
  2. Setelah itu jalankan aplikasinya > Kemudian pilih dan centang aplikasi ‘WhatsApp‘ dan taptombol ‘Protect‘ > Selanjutnya buat pola kunci yang kamu inginkan.
  3. Kemudian buat pola kunci lagi untuk konfrimasi > Selanjutnya aktifkan akses penggunaan aplikasi dengan tap ‘CM AppLock‘.
  4. Lalu geser toggle pada fitur ‘Izinkan Akses Penggunaan‘ untuk mengaktifkan >Kemudian kamu akan lihat, kalau aplikasi WhatsApp sudah terkunci.
  5. Taraaa… Aplikasi WhatsApp kamu sudah terkunci deh! Kamu bisa menggunakan sidik jari (fingerprint) untuk membuka atau kamu bisa membukanya menggunakan pola. Caranya dengan tap tombol ‘Use Pattern‘.

Penutup

Dengan mengikuti tutorial Cara Mengamankan Chat WhatsApp Agar Tidak Disadap diatas saya harapkan chat Whatsapp akan lebih aman privasinya dan terhindar dari penyadapan. Jika Anda mengalami kendala atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolam komentar dibawah.

sumber: tipspintar.com

About Andika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close