Cara Mengetahui Penyebab, Gejala dan Mengatasi Touchscreen Ponsel Andoid yang Tidak Berfungsi

Bagi Pengguna Ponsel Android pasti akan kesulitan saat Touchscreen Ponselnya bermasalah. Tapi jangan panik dulu, karena beberapa masalah tersebut bisa diatasi sendiri tanpa harus ke tukang service Ponsel, karena belum tentu kerusakan dari touchscreen tersebut bisa dibilang fatal. Kerusakan touchscreen sangat lah beragam, karena banyak faktor yg menimbulkan masalah kerusakan kinerja touchscreen anda. Maka dari itu mari kita bahas tentang penyebab, gejala maupun cara mengatasi  rusaknya touchscreen layar ponsel anda. Mari simak penjelasannya !

Penyebab touchscreen rusak saat Dicharge maupun kondisi Normal atau  tidak berfungsi sebagian (deadspot)

Penyebab layar sentuh smartphone yang kehilangan sebagian fungsi kerjanya bisa bermacam-macam. Tapi secara umum penyebab kerusakan ini bisa diakibatkan beberapa hal seperti :

  • Sistem android di smartphone yang lambat karena berbagai sebab, misalkan belum dilakukannya update sistem dan sejenisnya, bisa membuat touchscreen ponsel kehilangan sebagian fungsinya.
  • Penggunaan charger ponsel yang tidak standar, atau menggunakan charger handphone milik ponsel dari merek lain.
  • Ponsel tertindih barang berat sehingga merusak sebagian fungsi dan membuat touchscreen jadi tidak normal.
  • Ponsel basah karna kena air, sehingga touchscreenya tidak bisa digunakan.

Beberapa gejala touchscreen rusak saat Dicharge maupun kondisi Normal atau  tidak berfungsi sebagian (deadspot)

Beberapa gejala yang timbul jika layar sentuh anda tidak berfungsi sebagian diantaranya :

  • Smartphone tetap menyala normal, tetapi wilayah layar sentuh anda tidak sensitif terhadap sentuhan, dan touchscreen tidak merespon dengan lancar
  • Saat Anda sedang menjalankan aplikasi tertentu di smartphone, touchscreen kadang bergerak sendiri tak beraturan tanpa ada sentuhan
  • Seringkali touchscreen macet (hang) atau tidak merespon sama sekali pada saat disentuh
  • Saat mengisi baterai Ponsel terkadang touchsreen bergerak tidak beraturan.

Beberapa cara mengatasi touchscreen rusak saat Dicharge maupun kondisi Normal atau  tidak berfungsi sebagian (deadspot)

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi touchscreen yang rusak sebagian fungsinya diantaranya :

  1. Jika saat mengisi baterai smartphone dan touchescreen bermasalah maka ini solusinya yaitu pertama, Ganti kabel USB dengan USB yang berkualitas, kemudian Pindah charger ke stop kontak yang lain yang aliran listriknya lebih baik. Atau bisa juga gunakan Fitur USB OTG untuk mengkoneksikan berbagai periferal dengan type port USB ke PC/Android. Terakhir lilitkan kabel kecil di ujung USB. Jika langkah tadi tetap tidak bisa juga, maka coba cara ini :
    • Ambil kabel yang berukurang 5cm
    • Kupas setiap ujung kabel 2 cm dan 1 cm
    • Lilitkan ujung kabel yang sudah di kupas 2 cm ke ujung logam USB, yang kupasan 1 cm biarkan saja
    • Silahkan cas HP android sobat dan kabel yang di kupas 1 cm di pegang
  2. Bila ponsel anda terkena air atau terjatuh kedalam air, sebaiknya jangan langsung digunakan. Karna itu bisa merusak touchscreen maupun sistem yg lainnya dari ponsel tersebut. Hal utama yang anda lakukan ialah mematikan ponsel, membuka baterai, SIM dan Memory Cardnya, kemudian keringkan semalam, dan pastikan benar-benar kering baru lah anda nyalakan kembali, InshaAllah ponsel anda akan normal kembali kembali.
  3. Bila ponsel android anda tidak rusak atau pecah layar touchscreennya, dan hanya mengalami lambat respon pada sentuhan, cobalah untuk memperbaikinya dengan cara masuk ke pengaturan (setting), kemudian masuk ke pilihan display. Lalu pilihlah kalibrasi. Saat kalibrasi berjalan, ponsel anda akan berwarna putih. Klik pada layar yang berwarna putih tersebut dan ikutilah instruksi yang ada sampai langkah kalibrasi selesai dijalankan. Setelah itu maka fungsi touchscreen ponsel anda akan kembali seperti semula.
  4. Jika touchscreen pada ponsel android anda benar-benar tidak dapat digunakan dan tidak bisa bergerak sama sekali, cobalah lakukan langkah untuk mengembalikan setting ponsel anda ke factory reset. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, maka setelah itu akan muncul perintah masuk dan geser ke menu factory reset dengan menggunakan tombol volume up atau volume down. Lalu untuk memilih pilihan factory reset gunakanlah tombol power. Tunggulah hingga proses me reset selesai. Setelah itu touchscreen anda akan kembali normal seperti semula.
  5. Jika dua langkah diatas sebagai cara mengatasi touchscreen rusak tidak juga membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah membawa ponsel Anda ke service center terdekat, dan mintalah petugas yang profesional disana untuk mengganti perangkat touchscreen anda dengan komponen yang baru. Dan dengan menyiapkan budget sesuai yang diminta pihak service center untuk perbaikan ini, maka anda akan kembali dapatkan fungsi touchscreen ponsel Anda seperti sediakala.

Semoga pembahasan diatas dapat membantu anda dalam memecahkan masalah kerusakan touchscreen. Jika anda memiliki saran atau kritik yang dapat membantu penulis, silahkan tulis dikomentar!

sebagian sumber : http://circlefarmtour.org/

About Lisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close