Home / Resep / Ini Dia !!! 8 Tips Cara Membuat Kue Bapel

Ini Dia !!! 8 Tips Cara Membuat Kue Bapel

Hi Salam Senalar..

Hari ini kita mencoba membahas tips cara membuat kue Bapel tentunya buat para pecinta makanan ini bisa membuat dengan enak. Bagaimana caranya ini dia… Mari yuk kita lihat beberapa hal dari tips membuat kue bapel ini 🙂

TIPS MEMBUAT KUE BAPEL :

  • Adonan dasar dibuat dengan manis  yang cukup, artinya tidak manis sekali dan tidak pula hambar. Karena untuk bapel jenis manis, misalnya, Bapel buah campur, anda bisa menambahkan 25 gram gula. Untuk Bapel asin seperti bapel keju, dapat dikurangi 25 gram gula.
  • Adonan harus didiamkan selama 3 jam. Jangan sampai lebih. Fermentasi yang lebih dari 3 jam bukan saja membuat kue terasa agak asam tetapi juga membuat adonan jadi turun.
  • Cara memanggang Bapel amat menentukan hasil kue bapel. Bila panggangan kue Bapel anda baru atau sudah lama tidak dipakai, panaskan berulang kali dengan dioles minyak. Ini untuk mencegah kue menempel di cetakkan.
  • Isi adonan harus cukup penuh. Adonan yang tidak cukup penuh membuat kue cekung ditengah. Sebaliknya adonan yang terlalu penuh akan membuat adonan meluap keluar. Hasil kuenya tidak akan berbentuk sempurna.
  • Setiap kali memanggang. Panasi dulu pemanggang baru diolesi dengan mentega dan dituangkan adonan.
  • Setiap mengolesi mentega, perhatikan permukaan dan sekeliling panggangan. Bila ada kue yang tetinggal, melekat pada cetakan, kerik lebih dahulu dengan pisau sampai bersih. Cetakan yang kotor membuat kue berikutnya menempel dicetakan dan tidak bisa dilepas.
  • Memanggang selalu dengan api kecil. Perhatikan berapa lama kue matang pada setiap sisi supaya anda tidak membalik dan membuka cetakan berulang kali.
  • Bila anda membuat Bapel isi, hati-hati bila meletakkan isinya. Seperti buah kering, cokelat masak atau keju harus tenggelam, tertutup dengan adonan. Buah kering, cokelat masak atau keju yang menyentuh cetakan akan membuat kue menempel dan sulit dikeluarkan.

About Nicky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close