Home / Tips dan Trik / Cara Mudah Membuat Foto Bergerak Yang Keren

Cara Mudah Membuat Foto Bergerak Yang Keren

Salah satu cara mendapatkan followers Instagram tanpa membeli followers adalah kamu harus membuat konten Instagram yang menarik dan juga mengikuti konten yang sedang trend di Instagram.

Nah, untuk membuat foto bergerak tersebut kamu harus menggunakan situs maupun aplikasi edit foto bergerak gaes. Kalau kamu belum tahu gimana langkah-langh membuat background foto bergerak, bisa langsung simak aja artikel berikut ini ya!

Cara Membuat Foto Bergerak

Cara Membuat Foto Bergerak di Android

  • Pertama, Kalau kamu ingin mengedit foto menjadi bergerak di Android, kamu harus menggunakan aplikasi tambahan. Nah, kalau langkah-langkah membuatnya kamu bisa langsung simak aja nih!

Cara Membuat Foto Bergerak

Aplikasi Zeotropic (Free) – Photo in Motion

  • Kedua, setelah itu kamu jalankan aplikasinya dengan tap tombol ‘TAP HERE TO GET STARTED> Kemudian tap tombol ‘GALLERY‘ untuk memilih foto yang ingin diedit.

Cara Membuat Foto Bergerak

Tap Tombol ‘TAP HERE TO GET STARTED’

  • Ketiga, berikutnya pilih foto yang ingin diedit menjadi bergerak > Kemudian kamu ubah namanya. Jika sudah diubah, langsung aja tapSAVE‘.

Cara Membuat Foto Bergerak

Pilih Foto yang Ingin Diedit

  • Keempat, selanjutnya kamu tap toolsMOTION‘ atau ‘SEQUENCE‘ untuk menyeleksi bagian foto mana saja yang ingin bergerak > Kemudian pilih area yang ingin bergerak. Contohnya seperti gambar berikut ini.

Cara Membuat Foto Bergerak

Pilih Tools ‘MOTION’ atau ‘SEQUENCE’

  • Kelima, jika sudah selesai mengedit foto, langsung aja tap icon titik 3 di pojok kanan atas > Lalu tapSAVE/EXPORT VIDEO‘.

Cara Membuat Foto Bergerak

Pilih ‘SAVE/EXPORT VIDEO’

  • Keenam, lalu kamu tapSAVE‘ dan tapMP4‘ untuk mengekspor fotonya menjadi bentuk video.

Cara Membuat Foto Bergerak

Pilih ‘SAVE’

  • Ketujuh, lalu kamu tunggu saja proses exportnya sampai selesai. Jika sudah selesai maka akan muncul deh di galeri.

Cara Membuat Foto Bergerak

Menunggu Proses Export Foto Menjadi Video

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Bergerak di Android Lainnya!

Gimana gaes, apakah kamu sudah mengerti cara membuat foto menjadi bergerak? Nah, kalau sudah berikut ini beberapa aplikasi foto bergerak yang bisa kamu gunakan, jika sewaktu-waktu aplikasi yang dijelaskan di atas sudah tidak tersedia atau aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan HP Android kamu.

Jadi, langsung aja yuk kita simak berikut ini, ada aplikasi edit foto bergerak apa lagi sih yang ada di Android!

1. StoryZ Photo Motion & Cinemagraph

Aplikasi Foto Bergerak

Aplikasi StoryZ Photo Motion & Cinemagraph

Aplikasi foto bergerak di Android yang pertama adalah StoryZ Photo Motion & Cinemagraph. Aplikasi yang sangat populer ini dikembangkan oleh developer Andor Communications Pvt Ltd dan ukuran aplikasinya hanya sekitar 15MB.

Nah, buat kamu yang ingin mengedit background pada foto menjadi bergerak, bisa loh menggunakan aplikasi StoryZ Photo Motion & Cinemagraph ini. Apalagi aplikasi ini mudah banget digunakan. Jadi, kamu tinggal menggunakan tools motion dan pilih deh bagian mana saja yang ingin digerakkan.

Oh iya, kamu juga bisa loh membuat GIF menggunakan aplikasi foto bergerak ini. Jadi, setelah kamu selesai mengedit foto supaya bergerak, kamu tinggal memilih format GIF ketika ingin menyimpan hasil editannya.

Nama Aplikasi StoryZ Photo Motion & Cinemagraph
Ukuran Download 15MB
Link Download

2. Loopsie – Pixeloop Video Effect & Living Photos

Aplikasi Foto Bergerak

Aplikasi Loopsie – Pixeloop Video Effect & Living Photos

Aplikasi edit foto bergerak di Android yang kedua adalah Loopsie – Pixeloop Video Effect & Living Photos. Aplikasi yang sering digunakan oleh Selebgram terkenal di Indonesia ini dikembangkan oleh developer GameLounge dan ukuran aplikasinya hanya sekitar 19MB.

Nah, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat efek yang bisa bergerak hingga terlihat seperti real atau asli. Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah loh dibandingkan aplikasi sebelumnya. Perlu kamu ketahui juga nih gaes, kalau aplikasi ini menyediakan fitur kamera video.

Nggak cuma itu aja sih, sebenarnya dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat foto menjadi bergerak dan berbicara dengan menambahkan suara di dalamnya gitu. Gimana, kamu tertarik nggak untuk menggunakan aplikasi ini?

Nama Aplikasi Loopsie – Pixeloop Video Effect & Living Photos
Ukuran Download 19MB
Link Download

3. Motion on Picture – Cinemagraph Effect

Aplikasi Foto Bergerak

Aplikasi Motion on Picture – Cinemagraph Effect

Aplikasi edit foto menjadi bergerak yang ketiga adalah Motion on Picture – Cinemagraph Effect. Aplikasi yang memiliki ukuran kurang lebih sekitar 3,0MB ini dikembangkan oleh developer Step Soft LLC.

Nah, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengubah foto menjadi video yang sangat bagus dan juga keren. Kalau untuk untuk membuat foto bergerak, kamu tinggal gunakan efek cinemagraph ketika mengedit foto.

Walaupun aplikasi ini bukan termasuk salah satu aplikasi kamera bokeh, akan tetapi kamu bisa membuat background belakang yang terdapat pada foto menjadi blur.

Hal menarik lainnya dari aplikasi ini, kamu bisa menambahkan efek stabilisasi pada foto yang tidak ingin digerakan. Jadi, nanti hasilnya bakalan lebih real atau tidak terlihat seperti editan.

Nama Aplikasi Motion on Picture – Cinemagraph Effect
Ukuran Download 3,0MB
Link Download

4. Movepic – Photo Motion & Cinemagraph

Aplikasi Foto Bergerak

Aplikasi Movepic – Photo Motion & Cinemagraph

Aplikasi edit foto menjadi bergerak di Android yang keempat adalah Movepic – Photo Motion & Cinemagraph. Aplikasi yang memiliki ukuran kurang lebih sekitar 22MB ini dikembangkan oleh developer Ryzenrise.

Nah, kalau kamu ingin membuat animasi bergerak dengan menggunakan foto, bisa kok menggunakan aplikasi ini. Karena, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat beberapa bagian yang terdapat pada foto menjadi bergerak seperti animasi.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecepatan dari pergerakan pada foto yang kamu edit tersebut. Yaa walaupun, aplikasi ini belum termasuk salah satu aplikasi edit foto keren di Android. Tapi, kamu bisa kok menambahkan filter dan efek pada foto untuk membuat hasil foto terlihat lebih keren lagi. .

Nama Aplikasi Movepic – Photo Motion & Cinemagraph
Ukuran Download 22MB
Link Download

5. Photo Motion – Moving Pictures

Aplikasi Foto Bergerak

Aplikasi Photo Motion – Moving Pictures

Aplikasi edit foto bergerak terbaik di Android yang kelima adalah Photo Motion – Moving Pictures. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer MinDexDeveloper Ltd ini memiliki ukuran aplikasi kurang lebih sekitar 4,5MB.

Sama seperti aplikasi yang sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi Photo Motion – Moving Pictures ini, kamu bisa membuat beberapa bagian foto agar terlihat seperti bergerak.

Nggak cuma itu aja sih, kamu bisa juga loh membuat foto tersebut terlihat keren dengan menambahkan efek cinemagraph. Apalagi efek dari motion yang disediakan pada aplikasi tersebut membuat foto menjadi bokeh.

Jadi, dengan begitu kamu nggak perlu lagi deh menggunakan aplikasi kamera bokeh untuk bisa mengambil foto agar terlihat bokeh. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini kamu nggak hanya bisa menyimpan dalam format MP4, akan tetapi bisa juga dalam format GIF gaes.

Nama Aplikasi Photo Motion – Moving Pictures
Ukuran Download 4,5MB
Link Download

Cara Membuat Foto Bergerak di PC

Berbeda dengan di Android, kalau di PC kamu nggak perlu menggunakan aplikasi lagi untuk membuat foto menjadi bergerak. Jadi, langsung aja yuk disimak cara membuat foto bergerak tanpa aplikasi tambahan berikut ini!

  • Pertama, buka browser dan kunjungi situs PLOTAVERSE, lalu kamu bisa membuat akun pada situs ini.

cara membuat foto bergerak

Kunjungi Situs PLOTAVERSE

  • Kedua, setelah itu kamu bisa memilih icon ‘+’ untuk membuat foto bergerak > Kemudian kamu bisa memilih icon ‘Create Plotagraph‘.

cara membuat foto bergerak

Pilih Icon Create Plotagraph

  • Ketiga, berikutnya kamu bisa klik ‘CHOOSE IMAGE’ untuk memilih foto yang kamu edit menjadi bergerak.

cara membuat foto bergerak

Pilih Choose Image

  • Keempat, kemudian kamu akan diminta untuk menamai file tersebut. Jika sudah diberi nama, langsung aja kamu klik tombol ‘CREATE‘.

cara membuat foto bergerak

Beri Nama dan Create

  • Kelima, sekarang kamu berada halaman untuk melakukan pengeditan foto bergerak. Nah, kamu bisa menggunakan toolsStabillizer/Anchor Point‘ untuk membatasi bagian yang ingin tidak bergerak.

cara membuat foto bergerak

Pilih Stabillizer atau Anchor Point

  • Ketujuh, lalu kamu bisa menandai bagian yang tidak bergerak. Apabila bagian badan tidak mau bergerak, kamu bisa mengelilinginya dengan tools Stabillizer/Anchor Point‘ ya gaes. Contohnya seperti gambar berikut ini!

cara membuat foto bergerak

Tandai Bagian yang Tidak Bergerak

  • Jika sudah selesai menandainya, kamu bisa pilih toolsAnimation Point‘ untuk membuat foto menjadi bergerak.

cara membuat foto bergerak

Pilih Animation Point

  • Nah, sekarang kamu bisa menandai bagian mana saja yang ingin kamu gerakan ya gaes. Apabila kamu ingin mengetahui hasilnya, kamu bisa menekan spasi di keyboard.

cara membuat foto bergerak

Tandai Bagian Bergerak

  • Kedelapan, kalau sudah selesai mengeditnya dan kamu ingin menyimpannya, langsung aja tinggal memilih iconExport’ yang berada di pojok kanan bawah. dan pilihlah ‘Custom Export‘.

cara membuat foto bergerak

Pilih Custom Export

  • Kesembilan, berikutnya kamu akan diminta untuk menentukan kualitas file yang ingin kamu export. Setelah selesai memilih kualitas file, langsung aja pilih tombol Export.

cara membuat foto bergerak

Pilih Kualitas File

  • Selanjutnya, akan tampil ke halaman ‘My Export’ dan pilih iconDownload‘ pada foto bergerak yang sudah kamu edit, supaya kamu bisa menyimpannya.

cara membuat foto bergerak

Pilih File dan Download

So, bagaimana sobat pintar? Mudah banget kan cara membuat foto bergerak. Nah, jangan lupa juga ya untuk share artikel cara membuat foto bergerak ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya sobat pintar lainnya juga tahu gimana sih cara membuat foto bergerak tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara membuat foto bergerak ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close