Home / Tips dan Trik / Cara Ampuh Mengembalikan Kontak SIM Hilang di Android

Cara Ampuh Mengembalikan Kontak SIM Hilang di Android

Apakah Anda sedang mencari cara untuk Mengembalikan Kontak SIM Hilang di Android? Jika iya, maka Anda berada pada website yang tepat. Seperti kita ketahui kontak SIM adalah salah satu keutamaan yang harus ada pada smartphone dan tablet android. Jika kontak SIM hilang semua atau tidak terbaca oleh sistem maka kegiatan komunikasi seperti SMS dan Telepon akan sulit untuk dilakukan.

Tapi Anda tenang saja, karena pada artikel kali ini kami akan memberikan solusi terhadap masalah yang anda alami. Anda tidak usah ragu mengikuti tutorial ini karena kami sudah mencobanya terlebih dahulu. Pastinya tutorial ini aman untuk Anda ikuti. Tidak usah berlama lama lagi langsung saja ini dia.

Cara Mengembalikan Kontak SIM Hilang

Sebelum pastikan Anda cek terlebih dahulu, apakah hanya kontak SIM saja yang tidak terbaca atau kartu SIM anda yang tidak terbaca. Jika memang yang tidak terbaca ialah Kontak SIM saja maka dapat di pastikan bahwa aplikasi mengalami error, tapi jika semua data konfigurasi kartu SIM seperti sinyal, nama provider, dan kontak SIM hilang semua maka yang rusak ialah kartu SIM anda.

Cara 1: Menghapus File Cache

Tidak hanya file cache pada aplikasi Kontak saja, melainkan yang dihapus ialah semua file cache yang anda di memori perangkat android anda, baik di Internal Card ataupun di Ekternal Card (Micro SD). Gunakan aplikasi Clean Master sebagai solusinya. Aplikasi tersebut dapat menghapus file cache secara cepat hanya dengan satu klik saja. Dan apabila proses membersihan selesai, cobalah untuk melakukan Reboot pada Android anda. Tunggu beberapa saat, dan lihat kontak SIM bisa terbaca atau tidak.

Cara menghapus cache: Buka Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kontak” » Kemudian pilih “Hapus Cache”.

Mengembalikan Kontak SIM Hilang

Cara 2: Mengubah Setting Kontak

Jika sebelumnya anda pernah mengotak – atik bagian konfigurasi kontak SIM yang mungkin ada beberapa pengaturan yang secara tidak sengaja anda lakukan perubahan, dan perubahan tersebut mengarah pada semua Kontak SIM yang hilang tersebut. Dan untuk memastikannya cobalah dengan cara berikut ini, siapa tahu nantinya bisa berhasil.

Cara merubah setting kontak: Masuk ke Pengaturan » Kontak » Kontak Untuk Ditampilkan » Selanjutnya, anda “Semua Kontak”.

Mengembalikan Kontak SIM Hilang

Cara 3: Menghapus Data Kontak

Jika dengan cara pertama dan cara kedua tidak berhasil maka cara terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus data kontak smartphone Android anda. Cara ini memang sangat beresiko, tapi tidak jika anda melakukan backup pada semua kontak yang ada di Android anda. Backup kontak sangat penting, hal ini sebagai cara agar kontak anda tetap ada dan nantinya bisa anda impor kembali setelah pembersihkan data kontak selesai. Untuk melakukan backup kontak, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara backup kontak: Masuk ke Pengaturan » Kontak » Impor/Ekspor Kontak » Ekspor Ke KartuSD » pilih “Semua” kontak. Buat nama untuk backup kontak Anda, lalu “OK”.

Mengembalikan Kontak SIM Hilang

Apabila anda telah berhasil melakukan backup maka langkah selanjutnya anda bisa menghapus data Kontak Android anda. Berikut Caranya: buka Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kontak” » Kemudian pilih “Hapus Data”.

Mengembalikan Kontak SIM Hilang

Dengan mengikuti tutorial Cara Mengembalikan Kontak SIM Hilang diatas saya harapkan kontak SIM Anda kembali. Jika Anda mengalami kendala atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolam komentar dibawah.

About Andika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close