Home / Tips dan Trik / Cara Menonaktifkan Signature Verification Pada Android

Cara Menonaktifkan Signature Verification Pada Android

Untuk bisa menginstal aplikasi, sistem Android mengharuskan aplikasi tersebut memiliki sertifikat digital (signed). Hal ini berfungsi sebagai verifikasi bahwa aplikasi tersebut berasal dari pengembang yang terpercaya. Selain itu, aplikasi yang memiliki private key yang sama dapat berjalan dalam proses yang sama dan berbagi data privasi.

Dan pada saat ingin memasang update, nantinya sistem Android akan memeriksa bahwa aplikasi tersebut tidak pernah diubah sama sekali sejak aplikasi pertamakali di-signed, serta memastikan aplikasi yang diinstal memiliki sertifikat yang sama. Nah, jika Anda ingin memodifikasi aplikasi atau menginstal aplikasi yang sudah dimodifikasi dengan metode sign yang berbeda, maka Anda harus mem-patch sistem Android untuk disable signature verification android.

Disable Signature Verification Android Menggunakan Lucky Patcher

lucky patcher

Salah satu cara yang paling mudah dan minim resiko adalah dengan menggunakan Lucky Patcher.

Namun sebelumnya pastikan perangkat Anda sudah dalam keadaan rooting. Jika sudah, selanjutnya download aplikasi Lucky Patcher dari halaman resminya luckypatchers.com/download/.

Untuk bisa menginstal aplikasi yang berasal di luar Play Store, Anda harus mengaktifkakn opsi Sumber tidak dikenal / Unknow source terlebih dahulu. Caranya masuk ke Pengaturan / Setting kemudian pilih Keamanan / Security.

Setelah Lucky Patcher berhasil terinstal, selanjutnya buka aplikasi tersebut. Jika Lucky Patcher meminta akses root, silahkan pilih Ijinkan / Grant.

Jika Anda melakukan rooting menggunakan SuperSu, akan muncul popup yang meminta Anda untuk menonaktifkan fungsi Mount namespace separation pada SuperSu. Silahkan pilih Yes lalu secara otomatis perangkan akan reboot.

mount namespace separation supersu

Anda juga bisa menonaktifkannya sendiri dengan cara membuka SuperSu, dan masuk tab Setting, kemudian hilangkan centang pada Mount namespace separation. Selanjutnya reboot perangkat secara manual.

Proses Patch Android

Jika perangat sudah selesai reboot, buka kembali Lucky Patcher. Ketuk tab Toolbox, pilih Patch to Android.

disable signature verification Android lucky patcher

Pada opsi yang terdapat disana, masih ada keterangan non patched yang menandakan patch masih belum terpasang.

Kemudian hilangkan tanda centang pada only patch dalvik-cache, dan beri centang Signature verification alwasy true dan Disable .apk signature verification. Jika sudah, pilih Apply, dan perangkat akan reboot secara otomatis.

Selanjutnya ulangi langkah diatas, buka kembali Lucky Patcher kemudian ketuk tab Toolbox, pilih Patch to Android.

disable signature verification lucky patcher

Bisa Anda lihat pada gambar diatas, keterangan pada opsi di halaman Patch to Android berubah menjadi path applied. Hal ini menunjukan bahwa patched sudah terpasang pada core.jar.

Namun ada satu patch lagi yang belum terpasang, karena memang patch ini ditunjukan untuk service.jar bukan core.jar. Jadi, untuk proses pemasangan patch tidak dilakukan secara bersamaan.

Untuk cara pemasangannya sama, hilangkan centang pada only patch dalvik-cache, kemudian centang Disable signature verification in the package manager, lalu pilih Apply. Perangkat akan kembali reboot.

patched disable signature

Jika proses patching berhasil, pada semua opsi akan terdapat keterangan path applied seperti gambar diatas.

Enable Signature Verification Android (Unpatch)

Setelah proses patch, tak sedikit pengguna yang malah mengalami masalah pada perangkatnya, seperti tidak dapat menginstal aplikasi. Hal ini mungkin disebabkan ada salah langkah ketika mem-patch, atau karena aplikasi lucky patcher tidak compatible dengan firmware.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab Lucky Patcher juga menyediakann opsi untuk men-unpatch.

unpatch enable signature verification android

Untuk proses unpatch, silahkan buka aplikasi Lucky Patcher kemudian ketuk tab Toolbox dan pilih Patch to Android. Gulir ke bawah kemudian centang Remove all patches from core.jar, lalu pilih Apply.

Perangkat secara otomatis akan reboot, kemudian ulangi langkah di atas untuk Remove all patches from services.jar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close