Penyebab dan Tips Penyembuhan Bau Mulut Secara Alami dan Tidak Butuh Biaya Mahal

Bau mulut merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi setiap orang. Banyak yang membuat orang sangat tidak Percaya Diri di depan orang lain. Ya, banyak sekali orang yang risih atau minder dengan Bau Mulut apalagi saat berbicara di depan orang lain. Bau mulut ini bisa dialami oleh siapa saja. Mari kita bahas mulai dari penyebabnya dan cara penyembuhannya.

1. Radang amandel

Jika nafas Anda mengeluarkan bau tak sedap, misalnya menyerupai daging yang sudah mulai membusuk, bisa jadi pertanda Anda menderita tonsilitas.

“Ketika amandel Anda terinfeksi dan meradang itu menyulitkan bakteri anaerob di bagian belakang lidah untuk memecah bahan kimia seperti biasanya. Bakteri penghasil sulfur berkembang biak jauh di dalam radang amandel yang terinfeksi. Ini bau belerang, mirip dengan daging busuk, yang membuat bau napas sangat buruk ketika seseorang menderita tonsilitis atau batu amandel,” kata salah satu ahli, yang juga pendiri The Breath Company Harold Katz.

2. hati

“Dalam kasus yang jarang bau ini juga bisa dipucu dari sirosis hati,” kata Katz.

Sirosis adalah jaringan parut pada hati yang disebabkan oleh kerusakan hati jangka panjang, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal hati, yang dapat berakibat fatal, jadi temui dokter langsung.

3. Abses gigi

Abses gigi juga diyakini bisa menyebabkan bau yang sama, yakni tidak sedap. Absesi gigi sendiri adalah infeksi gigi yang parah yang terjadi ketika pulpa di dalam gigi meluruh. Abses gigi juga dapat menyebabkan infeksi bakteri dan penumpukan nanah di gusi serta rasa sakit dan bengkak.

Tips Penyembuhan Bau Mulut.

Diatas merupakan penyakit yang menyebabkan bau mulut , jika memiliki penyakit radang amandel, abses gigi dan sebagainya yang terdapat gejala bau mulut, maka segeralah kunjungi Dokter yang bersangkutan. Terkadang orang banyak menyepelekan hal tersebut, yang dianggapnya masalah ringan atau hanya bau mulut biasa.

Ada juga sebagian penyebab bau mulut ini tidak disebabkan oleh penyakit. Mari kita lakukan hal dibawah ini untuk menghilangkan bau mulut yang sangat menganggu.

1.Rutin menggosok gigi  

Cara yang paling mudah dan terbukti ampuh dalam mengatasi bau mulut tak sedap ialah dengan rutin menggosok gigi. Gosok gigi 3x sehari akan membantu menghilangkan kotoran sisa makanan ataupun membantu menghilangkan karang gigi yang menempel.

2. Mengangkat bakteri pada lidah

Penyebab bau mulut tidak saja hanya akibat sisa makanan atau masalah kesehatan pada gigi. Seperti yang telah diulas diatas, salah satu cara mengetahui bau mulut ialah melalui tes air liur. Maka dari itu jangan lupa untuk membersihkan lidah kita. Gunakan alat pembersih lidah yang didesain khusus untuk membersihkan lidah.

3. Gunakan benang gigi

Benang gigi menjadi alat yang sering dilupakan. Padahal benang gigi dapat membantu kita untuk menjangkau sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Penggunaan benang gigi akan membantu menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut.

4. Menggunakan daun sirih

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini sangatlah mudah. Ambil beberapa lembardaun sirih. Rendam dengan air hangat. Air hasil rendaman dan perasan daun sirih ini kemudian kita gunakan untuk berkumur. Lakukan rutin setiap hari.

Adanya bau mulut yang terlalu ekstrim bisa saja menjadi pertanda jika kamu memiliki masalah dengan organ dalam seperti banyaknya racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Maka dari itu kamu bisa rutin mengkonsumsi jeruk hangat untuk mendetoksifikasi tubuh kamu dari zat berbahaya. Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cepat dan mudah diterapkan. Jangan lupa gosok gigi 3x sehari dan kurangi makanan yang berbau menyengat.

5. Minum Air Putih

Mulut yang kering dapat menimbulkan bau mulut. Hal tersebut di picu karena keadaan rongga mulut yang kering sehingga menimbulkan nafas yang bau. Oleh karena itu perbanyaklah minum air putih.

6. Hindari Merokok dan Alkohol

Merokok dan minum alkohol adalah dua kebiasaan yang tidak hanya bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker dan serangan jantung tetapi juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. Selain menyebabkan bau mulut, rokok dan alkohol akan menimbulkan warna kuning pada gigi dan membuat penampilan terlihat tidak menarik.

Makanan yang sangat dianjurkan untuk menghilangkan bau mulut, diantaranya :

  • Buah-buahan yang renyah dan tinggi vitamin C
  • Daun seledri, mentimun, wortel
  • Daun peterseli
  • Teh hijau
  • Kacang almond

Berikut pembahasan kita seputar bau mulut,  dengan dilakukan langkah diatas Insyaallah bau mulut akan hilang.

About Lisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *