Home / Unik / Sangat Langka! 9 Potret Pemandangan Asli dari Lembaran Uang Rupiah

Sangat Langka! 9 Potret Pemandangan Asli dari Lembaran Uang Rupiah

Mata uang di Indonesia memang sering terjadi perubahan desain ya guys, bahkan sekarang seratus rupiah sudah tidak ada yang berbentuk lembaran. Nah, kamu pasti pernah kan merasa penasaran bagaimana Pemandangan Asli dari lembaran uang tersebut?

Pemandangan tersebut merupakan tempat-tempat yang berada di Indonesia loh guys, berada di daerah Jakarta sampai daerah Bali. Langsung saja yuk, disimak artikel berikut ini!

Tempat Indah Pada Bagian Belakang Lembaran Uang Rupiah

Berikut ini kita akan membahas beberapa pemandangan asli dari lembaran uang rupiah yang sangat menakjubkan guys. Untuk kamu yang Instagramable, bisa coba untuk mengunjunginya nih guys.

1. Gedung MPR dan DPR Pada Uang Seratus Ribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Gedung MPR dan DPR pada Uang Seratus Ribu

Seperti yang kita ketahui, fungsi dari Gedung MPR dan DPR adalah tempat berkumpulnya para anggota MPR, DPR dan DPD. Gedung ini terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Jika melihat mata uang nya sih tidak asing ya guys. Nah, bagian belakang dari mata uang seratus ribu ini adalah Gedung MPR dan DPR. Uang ini biasa kita dapat saat Gajian ya guys, hehe

2. Pura Ulun Danu Pada Uang Limapuluh Ribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Pura Ulun Danu pada uang Rp 50.000

Pura Ulun Danu biasa dikenal dengan sebutan Bratan Pura, tempat ini merupakan candi air terbesar di Indonesia guys. Pura Ulun Danu terletak di Bali, lebih tepatnya di tepi barat laut Danau Bratan dekat pegunungan Bedugul.

Tempat ini biasanya digunakan pada Upacara Persembahan untuk Dewi Danu, Dewi Air, Danau dan Sungai. Pura Ulun Danu dibangun pada tahun 1633 dan memiliki 11 atap sebagai dedikasi untuk Dewa Siwa dan Istrinya.

Nah, pada bagian belakang uang Rp 50.000 yang sekarang merupakan pemandangan dari Pura Ulun Danu guys.

3. Rumah Adat Kalimantan Pada Uang Sepuluh Ribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Rumah Adat Kalimantan pada uang Rp 10.000

Pada umumnya, rumah adat Kalimantan bentuknya memang seperti panggung ya guys. Nah, untuk yang satu ini merupakan rumah adat dari Kalimantan Tengah yang bernama Betang.

Untuk mata uang sepuluh ribu ini juga sudah tidak asing lagi ya guys, sampai sekarang masih sering kita gunakan. Yup, gambar belakang dari uang ini ternyata rumah adat Betang dari Kalimantan Tengah.

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Uang Lewat Sosial Media Terbaru 2018

4. Pulau Tidore Pada Uang Seribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Pulau Tidore pada uang Rp 1.000

Pulau Tidore merupakan suatu kota di Provinsi Maluku Utara dan Tidore ini merupakan kota terluas ketiga di Indonesia guys. Mata uang yang satu ini sudah tidak asing lagi ya guys, sudah sering kita gunakan untuk membayar sesuatu.

Nah, ternyata pemandangan indah yang berada di balik uang seribu rupiah itu adalah Pulau Tidore guys.

5. Bandara Soekarno-Hatta Pada Uang Limapuluh Ribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Bandara Soekarno-Hatta pada uang Rp 50.000

Bandara Soekarno-Hatta merupakan Bandara utama untuk keberangkatan Jakarta, Indonesia. Penamaan Bandara ini juga sesuai dengan Presiden Indonesia pertama yaitu Soekarno dan Wakilnya yaitu  dan Mohammad Hatta.

Nah, gambar dari bagian belakang mata uang limapuluh ribu zaman dulu tersebut adalah Bandara Soekarno-Hatta guys.

6. Candi Borobudur Pada Uang Sepuluh Ribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Candi Borobudur pada uang Rp 10.000

Tempat ini merupakan tempat yang sangat terkenal di Indonesia guys, terletak di Borobudur. Lebih tepatnya di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini didirikan pada abad ke-8 masehi, pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Borobudur merupakan Kuil Budha terbesar di Dunia dan merupakan Monumen Candi terbesar di Dunia loh guys. Menurut sejarah, Kuil ini sudah ditinggali pada abad ke-14.

Pada bagian belakang uang Rp 10.000 zaman dahulu, itu adalah pemandangan dari Candi Borobudur guys.

7. Danau Toba Pada Uang Seribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Danau Toba pada uang Rp 1.000

Danau Toba merupakan danau alami terbesar di Indonesia, yang terletak di Sumatera Utara. Lebih tepatnya, terletak di Kaldera Gunung Berapi Super.

Danau ini terbentuk pada saat peristiwa letusan Gunung Berapi Super sekitar 69.000-77.000 tahun yang lalu guys. Nah, untuk kalian yang lahir tahun 2000-an sudah pasti tidak mengenal dengan gambar mata uang ini ya guys. Hehe

8. Tradisi Lompat Batu di Nias Pada Uang Seribu

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Tradisi Lompat Batu di Nias pada uang Rp 1.000

Lompat Batu merupakan suatu tradisi ritual pendewasaan dari Suku Nias dan dianggap objek wisata teraneh juga terunik di Dunia. Mereka yang melakukan tradisi ini, harus melompati batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 40cm guys.

Para lelaki di Suku Nias bisa dikatakan dewasa jika sudah berhasil menjalani tradisi Lompat Batu ini. Jadi, jika mereka belum berhasil melakukan tradisi ini, maka mereka belum boleh menikah.

Nah, tradisi Lompat Batu tersebut tergambar pada bagian belakang mata uang seribu zaman dulu.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat Hanya Lewat Smartphone!

9. Anak Gunung Krakatau Pada Uang Seratus Rupiah

potret-aseli-pemandangan-pada-uang-kertas-indonesia

Anak Gunung Krakatau Pada Uang Rp 100

Tempat yang satu ini merupakan Kepulauan Vulkanik yang masih sangat aktif, berada di Selat Sunda. Lebih tepatnya, berada antara Selat Sunda, Pulau Jawa dan Sumatra.

Nah, Sekitar 40 tahun setelah peristiwa meletusnya Gunung Krakatau tahun 1883, munculah Anak Gunung Krakatau ini. Tepatnya, pada tahun 1927.

Dan mata uang yang di gambar tersebut merupakan mata uang seratus rupiah pada zaman dahulu guys. Beda ya, kalau sekarang sih pecahan seratus rupiah sudah tidak ada yang kertas. Hehe

So, gimana guys? Sudah tau kan pemandangan dari lembaran uang rupiah Indonesia? Jika kalian memiliki kritik dan saran, silahkan tulis di kolom komentar.

The post Sangat Langka! 9 Potret Pemandangan Asli dari Lembaran Uang Rupiah appeared first on TipsPintar.com.

About Tirto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close