Home / Kesehatan / Solusi Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Diet Keras

Solusi Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Diet Keras

Memiliki perut yang buncit memang terkadang membuat penampilan kita tidak enak dipandang. Masalah perut yang buncit atau tidak rata, ya istilah kerennya six pack hampir dialami oleh semua kalangan, laki-laki maupun perempuan, single ataupun yang telah menikah.

Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Diet

Yang mana kondisi dan keadaan memiliki perut buncit ini dapat memicu rasa kurang nyaman, serta kurang percaya diri terhadap penampilan, baik untuk penampilan sehari-hari maupun.

Mengatasi penumpukan lemak yang terjadi di bagian perut, dibutuhkan olahraga yang tepat yang mampu membakar lemak tersebut. Sehingga perut buncit dapat diatasi secara alami dan natural.

Bahkan Anda tidak harus melakukan olahraga berat untuk merampingkan perut buncit anda. Namun cukup dengan olahraga yang sederhana serta mengatur pola makan yang benar tanpa harus diet ketat. Mari simak tahapannya dibawah ini.

Solusi Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Diet

1. Jangan Makan apa pun Selama 2 s.d 3 Jam Sebelum Tidur

Ketika tidur, aktifitas tubuh Anda melambat, dan dapat mencegah tubuh dalam mencerna makanan di perut dengan benar.

Selain itu, Anda juga pastinya kurang aktif di malam hari (namanya juga tidur, bagaimana anda bisa aktif) yang artinya tubuh Anda lebih menyimpan banyak kalori yang Anda konsumsi pada malam hari itu sebagai lemak, daripada membakar makan tersebut sebagai energi.

Untuk itu, cobalah untuk tidak makan apa pun setidaknya dua hingga tiga jam sebelum Anda tidur, atau lakukan “diet siang hari”, yang mana Anda hanya makan di waktu siang hari saja

2. Konsumsi Makanan Sehat

Bukan suatu rahasia lagi, bahwa mengkonsumsi makanan sehat sangat baik untuk kesehatan, terutama kesehatan perut dan pencernaan Anda, sehingga sangat baik untuk usaha anda dalam mengecilkan perut buncit anda.

Makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta mengurangi makanan junk food, seperti permen, keripik dan yang lainnya serta makanan cepat saji.

Hanya dengan melakukan dua hal sederhana diatas, sudah cukup memberikan perbedaan yang nantinya akan anda lihat hasilnya di bagian perut buncit anda.

Namun, demikian tidak disarankan untuk mengganti makanan berat anda secara ekstrim, cobalah untuk melakukan diet sehat anda dengan perlahan, tetapi dengan cara yang konsisten mengganti yang makanan yang buruk dengan yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah beberapa perubahan sederhana dalam mengatur dan membuat diet sehat yang dapat Anda lakukan:

• Makan banyak protein tanpa lemak. Kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak baik untuk Anda.

• Makan beras organik. Carilah label yang mengatakan “100% beras organik”. Beras yang sehat alami dapat membuat Anda kenyang lebih lama, dan dapat membantu menurunkan berat badan serta meratakan dan mengecilkan perut buncit anda.

• Minum produk susu rendah lemak. Pilihan produk susu yang baik termasuk susu, yogurt, dan keju cottage. Hindari produk yang tinggi lemak seperti es krim dan keju keras.

• Makan lemak sehat. Tidak semua lemak itu jahat lho! Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat, kacang, minyak zaitun, dan minyak ikan sebenarnya sangat baik untuk Anda, seperti juga lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam minyak biji. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Jauhi lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan dan makanan yang dipanggang.

• Turunkan asupan natrium Anda. Natrium menyebabkan tubuh Anda menahan air, yang menyebabkan Anda terlihat kembung – terutama di sekitar daerah perut Anda. Jika memungkinkan, cobalah mengganti makanan tinggi sodium dengan pilihan yang lebih sehat. Ganti garam meja biasa dengan garam kosher atau garam laut, yang lebih rendah dalam sodium. Beberapa makanan tinggi sodium termasuk kecap, makanan restoran, MSG, daging yang diawetkan seperti pepperoni dan salami, ham, saus, dan makanan ringan.

3. Kurangi Porsi Makan Anda

Daripada banyak makan tapi dari jenis makanan yang salah, mending pilih banyak makan dari makanan yang tepat dan sehat, seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa menjalani hidup sehat.

Makanlah secukupnya, dan berhentilah sebelum kenyang, seperti yang pernah dikatakan oleh Nabi/ Rosul Mumahammad SAW.

Jika Anda makan makanan ringan yang teratur dan sehat sepanjang hari, maka hal ini seharusnya dapat membuat Anda tidak merasa lapar.

Ada satu trik atau cara mengurangi porsi makan anda, yakni dengan menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya saat Anda makan.

Dengan begitu, piring Anda akan terlihat seperti ditumpuk dengan makanan, tetapi Anda sebenarnya makan lebih sedikit dari biasanya. Juga, cobalah untuk mengisi setidaknya setengah piring dengan sayuran.

Cobalah untuk mengunyah lebih lambat dan menyeluruh saat Anda makan, ingatlah pelajaran yang pernah kita dapatkan waktu sekolah dasar dulu, mengunyah sebanyak 33 kali.

Mengunyah makanan Anda dengan baik dapat membantu proses pencernaan di perut, dan akan menghilangkan rasa kembung dan mengandung gas di perut.

Cobalah untuk beristirahat sebentar di antara setiap gigitan makanan anda ketika anda makan.

Waktu ekstra akan memberikan perut Anda kesempatan untuk menyadari bahwa perut anda sudah penuh, sehingga mencegah Anda dari makan berlebihan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian mentah dan tidak bergaram merupakan camilan yang sangat baik jika dimakan dalam jumlah sedang karena akan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Jangan makan lebih dari segenggam sekaligus karena bisa tinggi kalori.

4. Makan makanan indeks Glikemik Rendah

Item-item ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Tubuh Anda perlahan akan menyerap nutrisi sehingga Anda akan menghindari lonjakan gula dalam darah Anda sampai makan berikutnya.

Beberapa makanan rendah GI (Glikemik) yang terbaik adalah: Kubis, wortel, kembang kol, seledri, mentimun, zucchini, selada daun gelap, bawang, pir, tomat, selada air, brokoli, pisang, apel, dan beri adalah semua makanan yang baik untuk dimakan.

5. Diet Gula Sebanyak Mungkin

Selain penuh dengan kalori kosong, memiliki lebih sedikit gula dalam sistem tubuh Anda akan membantu menurunkan tingkat insulin Anda.

Gunakanlah pemanis buatan, namun tetap dengan hati-hati. Meskipun mereka dapat membantu mengurangi asupan kalori, ada juga bukti yang menunjukkan mereka memicu peningkatan rasa lapar yang menghasilkan kenaikan berat badan.

Hentikan minuman seperti soda, alkohol, jus, dan minuman kopi spesial. Ini sering mengandung kadar gula yang tinggi.

6. Makan Cemilan Kaya Protein Antara Jam 3 s.d.4 sore

Menurut para ahli, makan cemilan kaya protein pada jam tiga dan empat sore secara ajaib akan meningkatkan metabolisme dan menyeimbangkan gula darah Anda.

Segenggam almond, atau biji labu (kuaci), atau sepotong keju rendah lemak adalah pilihan yang baik.

Memiliki gula darah seimbang dapat menurunkan jumlah insulin dalam sistem tubuh Anda, yang bagus karena insulin dapat menyebabkan Anda menyimpan lemak di sekitar bagian tengah tubuh anda, yakni perut anda.

7. Makan makanan Kecil dan Sering

Gantilah sistem makan tiga porsi besar sehari Anda, dengan makan-makanan yang lebih kecil dan lebih teratur.

Banyak orang membuat kesalahan dengan tidak makan apa pun di antara waktu setelah sarapan dan sebelum makan siang, serta makan malam, terutama ketika mereka mencoba untuk diet menurunkan berat badan.

Namun sebenarnya, jenis diet ini akan berdampak negatif terhadap kadar gula darah dan dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak karena kelaparan, sehingga lebih sulit menurunkan berat badan.

Memiliki cemilan kecil yang sehat setiap tiga sampai empat jam dan tidak membiarkan diri Anda dalam keadaan lapar adalah cara yang jauh lebih sehat dan lebih efektif, dalam diet menurutkan berat badan Anda.

Dan akibatnya juga dapat mengecilkan dan meratakan perut buncit anda.

8. Minum Banyak Air

Anda harus mengganti semua minuman yang biasa Anda konsumsi dengan air mineral, terutama soda, jus, dan minuman bergula yang penuh dengan kalori kosong dan akan menyebabkan perut Anda kembung.

Bawalah selalu air mineral ke mana pun pergi, baik berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya dan istirahatkan tubuh anda dengan air mineral selama olahraga yang panas atau berat yang anda lakukan.

Minum banyak air juga akan membantu membuang dan mengeluarkan racun dari sistem tubuh Anda dan menjaga usus Anda tetap beraktifitas dengan sehat, yang keduanya merupakan hal yang sangat penting untuk mengecilkan dan meratakan perut buncit anda.

Jika Anda merasa air mineral terlalu membosankan, cobalah sekali-kali menggantinya dengan air soda yakni air soda biasa yang diresapi dengan sejumlah bahan menyegarkan dan memberi energi, yang membantu mempercepat metabolisme dan mengurangi lemak perut.

Cara dan resepnya bisa anda variasikan, akan tetapi masukkan beberapa kombinasi bahan seperti irisan jeruk, irisan lemon, jahe parut, mentimun, spearmint segar, dan kemangi segar.

Perhatikan tanda-tanda pada tubuh Anda. Urin Anda harus berwarna kuning terang atau jernih. Urin berwarna kuning tua dengan bau yang menyengat bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi.

Sumber: webkesehatan.com

About Lisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *