Home / Otomotif / Spesifikasi Suzuki Ignis, Crossover Laris Tapi Enggan Diproduksi Lokal

Spesifikasi Suzuki Ignis, Crossover Laris Tapi Enggan Diproduksi Lokal

Suzuki Ignis masuk dan mulai diperkenalkan di Indonesia pada 2017 lalu. Suzuki Ignis didaulat untuk meramaikan segmen city car dengan karakter crossover yang sangat kuat. Ignis akhirnya menjadi penantang yang sangat serius bagi mobil lain yang lebih dulu eksis di Indonesia pada kelas yang sama. Suzuki sendiri mengklaim bahwa model ini adalah yang pertama kali muncul, yakni Urban SUV.
Suzuki Ignis menjadi pemain baru yang cukup agresif di awal kemunculannya. Desain yang dibawa dari model urban SUV-nya membawa DNA karakter Suzuki yang kuat. Soal pengalaman berkendaranya, Suzuki Ignis disebut mampu menghadirkan hal yang tidak biasa. Konsumen yang telah mengendarai Ignis akan memiliki pengalaman yang menyenangkan.
Pasalnya, Ignis menghadirkan desain yang mengusung konsep Modern, Youthful dan Manly di eksterior dan interiornya. Secara umum keunggulan dalam kabin bisa dilihat dari desain futuristik, stylish dan modern serta irit BBM.

Detail Eksterior Suzuki Ignis

Detail Exterior Suzuki Ignis

Detail Exterior Suzuki Ignis

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, Suzuki Ignis mengusung desain yang penuh gaya, futuristik dan sporty. Mulai dari bagian depan, tampak jelas gaya konsep Clam Shell Bonnet yang stylish dan modern. Desain ini dibuat dengan grill yang memanjang mencakup lampu utamanya.
Bisa disebutkan spesifikasi Suzuki Ignis pada lampunya terdiri dari lampu utama (headlamp) menggunakan tipe LED Projector with DRL pada varian tertinggi. Tak lupa juga di bagian bawah lampu utama terdapat fog lamp sehingga mampu memberi penerangan ekstra di jalan gelap seperti berkabut atau hujan lebat.
Di bagian samping Suzuki Ignis sekilas tidak ada yang menonjol. Namun jika diteliti lebih dalam, karakter SUV justru hadir di sisi ini. Pada tipe teratas, Ignis telah dilengkapi Roof Rail yang membuatnya tampil mmejadi lebih modern dan atraktif.
Beralih ke sektor belakang, Suzuki Ignis hadir dengan mengusung High Mount Stop Lamp berteknologi LED dan Rear Combinations Lamps. Penampakan belakang ini didesain cukup serasi dan selaras dengan gaya lekuk body bagian belakang Ignis. Meskipun spesifikasi lampu belakang yang sangat menjamin tingkat keterangannya, namun pihak Suzuki mengklaim tidak akan membuat silau para pengendara di belakangnya.
Bicara sedikit tentang rancang bangun Suzuki Ignis, Struktur body Total Effective Control Technology (TECT) dengan platform baru HEARTECT, menjadikan Urban SUV besutan Suzuki ini menjadi lebih kokoh dan lebih enteng. High-rigid underbody yang bermaterial high-tensile steel juga memungkinkannya dipacu di jalanan offroad.

Detail Interior Suzuki Ignis

Detail Interior Suzuki Ignis

Detail Interior Suzuki Ignis

Kesan elegan akan hadir ketika pertama kali memasuki kabin Suzuki Ignis. Selain itu, kesan ruang yang lapang juga sangat terasa di dalamnya. Hal tersebut memang ditengarai menjadi salah satu kelebihan Ignis.
Di sisi lain interiornya, dashboard depan memiliki desain head unit yang terpisah satu sama lain. Pada head unit tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang hiburan. Sebut saja radio, pemutar musik CD atau USB, bluetooth (tipe GX), pengatur suhu kabin atau climate control dan heater.
Beralih pada bagian setir kemudi bisa dilihat Multi Instrument Display (MID) yang dimilikinya cukup informatif dengan penampilan sporty dan elegan. Tak ketinggalan juga setir kemudi Suzuki Ignis ini sendiri dibuat senyaman mungkin dan sudah dilengkapi dengan fitur tombol navigasi yang terintegrasi dengan panel pada Head Unit.
Perihal kursi kabin untuk kenyamanan, Suzuki Ignis disematkan material berkualitas tinggi. Bahkan di bagian belakang terdapat bagasi yang dirasa cukup luas dan fungsional untuk ukuran citycar.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis

Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis

Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis

Suzuki Ignis dibekali dengan mesin bertipe K12M. Mesin ini memiliki konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT. Dengan begitu sejak mengaspalnya Ignis di jalan-jalan perkotaan, performanya cukup mampu diandalkan dane efisiensi bahan bakar juga terbaik di kelasnya. Mesin ini mengganjar Ignis dengan keluaran tenaga sebesar 83 PS pada putaran 6.000 rpm. Sementara itu, torsi maksimal mampu mencapai 113 Nm pada putaran 4.200 rpm.
Hingga saat ini, Suzuki Ignis ditawarkan dengan dua tipe transmisi yakni manual dan Auto Gear Shift (AGS). Dari tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Suzuki Ignis mencapai 23,64 km/liter untuk transmisi Manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS.

Suzuki Masih Enggan Produksi Ignis Secara Lokal
Meskipun animo masyarakat akan kehadiran Suzuki Ignis yang juga dibantu dengan kehadiran Suzuki Ignis Sport Edition, tidak lantas membuat PT Suzuki Indomobil Sales memproduksinya secara lokal. Ya, Suzuki Ignis merupakan unit impor atau CBU yang didatangkan langsung dari India.
Lebih dari itu, kemungkinan Ignis akan diproduksi lokal sepertinya tidak ada sinyal berarti dari pihak PT SIS selaku Agen Pemegang Merek Suzuki di Indonesia. Hal tersebut lantaran Suzuki Indonesia lebih fokus pada ketiga model unggulannya yang lain, yakni Ertiga, Karimun Wagon R dan APV.
Untuk melihat spesifikasi lengkap Suzuki Ignis 2018, klik di sini.
Kemudian untuk melihat harga mobil baru Suzuki Ignis 2018, klik di sini.

 

About Andika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close