Home / Sains dan Pendidikan / Trik Jitu Mengajarkan Anak Lancar Membaca dan Menulis dengan cepat.

Trik Jitu Mengajarkan Anak Lancar Membaca dan Menulis dengan cepat.

Hai Ayah dan Bunda, apakah ayah dan bunda  ingin anak tersayangnya menjadi cerdas?? Ya, tentu saja. Jawaban yang sudah pasti ya,, tapi ini tergantung ayah dan bunda juga ya, bagaimana cara mendidik anaknya supaya memiliki pribadi yang baik cerdas dan beprestasi tentunya.

Nah sekarang ini di antara ayah dan bunda yang memiliki anak usia balita tentunya, pasti sangat ingin anaknya sudah lancar membaca ketika mereka mulai memasuki TK ya aybund, karna apa ? karna salah satu tanda anak cerdas itu dari usia balita sudah bisa membaca dan menulis. Tapi apa bisa ya mengajarkan mereka yang masih dalam masa bermain dan mendengarkan kata belajar saja mereka sudah berwajah muram  ? Ya, tentu saja bisa dengan trik-trik yang berikut akan kita bahas.

Ayo kita kita ketahui cara membuat waktu belajar menjadi mudah dan menyenangkan, antara lain :

  1. Pahami minat anak. Artinya ayabun harus mencari tahu apa yang anak Aybun suka dan Aybun bisa menggunakannya sebagai media untuk mengajari anak membaca dan menulis
  2. Membaca buku cerita. Hampir setiap anak menyukai buku terutama buku yang penuh dengan gambar-gambar yang menarik. Kita bisa memberikan buku bergambar ini pada anak. Jangan langsung meminta anak untuk membaca ya, kecuali jika memang kemampuan membaca anak sudah mulai terasah
  3. Usahakan agar proses belajar membaca dan menulis ini berlangsung setiap hari
  4. Jangan lupa untuk memahami mood anak Aybun, jangan sampai Aybun mengajak anak belajar saat mood mereka sedang tidak baik seperti sedang marah, lelah, lapar atau mengantuk.
  5. Memang orang tua memiliki kesibukan tersendiri yang harus dilakukan, namun untuk masalah pembelajaran seperti ini, Aybun jangan sekali-kali memaksakan kehendak pada anak. Kita juga harus paham bahwasanya masing-masing anak memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing sekalipun mereka semua adalah anak kita
  6. Jangan samakan atau bedakan anak Aybun dengan anak lain yang sudah bisa menulis dan membaca dengan benar, karena itu bisa menyakiti hati mereka bahkan tidak menutup kemungkin anak akan membenci ‘anak’ lain yang Kita gunakan sebagai perbandingan tersebut
  7. Ikuti alur belajar anak supaya anak tidak merasa terpaksa melakukannya
  8. Jangan sekali-kali berpikir bahwa semakin lama waktu yang digunakan untuk belajar maka hasilnya akan semakin cepat terlihat. Kita tidak boleh melakukan hal ini karena akan membuat anak bosan bahkan enggan melakukannya lagi di keesokan harinya. Ada baiknya untuk awal pembelajaran Kita hanya melakukannya selama 15 menit hingga 20 menit saja
  9. Jika kemudian anak Aybun berhasil menulis dan membaca dengan baik, jangan lupa untuk memberikan pujian pada anak dengan kata-kata dan ekspresi wajah yang manis. Mengapa ini penting? Karena pujian adalah salah satu cara yang efektif untuk mendorong semangat anak agar terus belajar. Sesekali Aybun memberinya hadiah juga tidak masalah sebagai penghargaan atas keberhasilannya.

Nah kita sudah tau kan triknya , Oya jangan lupa ni masi ada beberapa hal yang Ayah Bunda Perlu tau, bagaimana cara trik-trik diatas itu agar terlaksana dengan benar, yok kita bahas.

Pertama, Kenalkan Dasar-Dasar dari Membaca dan Menulis Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus Aybun ambil untuk mengajari anak membaca serta menulis adalah dengan memperkenalkan dasar-dasarnya terlebih dahulu. Ayah Bunda bisa mulai mengenalkan huruf abjad, cara menyebutkannya, menggambar garis lurus, garis melengkung dan lain-lain sehingga nanti anak bisa dengan mudah melangkah ke tahap pembelajaran yang selanjutnya. Dalam rangka pengenalan ini, Kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan cara ataupun media yang sekiranya disukai oleh anak

Kedua, Manfaatkan Media yang Ada di Sekitar Kita

Memanfaatkan media yang ada di sekitar Kita juga bisa menjadi cara cepat belajar membaca dan menulis untuk anak yang cukup efektif. Untuk yang satu ini, tak ada salahnya jika Aybun memperhatikan kecenderung anak terlebih dahulu, dalam artian media apakah yang disukai oleh anak.

Ada banyak hal yang bisa Kita manfaatkan dalam rangka mendukung kecepatan belajar anak dalam hal membaca dan menulis, misalnya dengan menggunakan media elektronik, buku bergambar, puzzle, karpet bergambar ataupun yang lainnya.

Ketiga, Awali dari Kata-Kata yang Sederhana

Ayah Bunda terapkan pada anak adalah dengan mengawalinya dari kata-kata yang sederhana. Tak hanya membuat anak lebih lancar dalam membaca, cara yang satu ini bahkan juga menjadi cara belajar menulis yang pas untuk anak.

Ayah Bunda bisa menggunakan kata-kata seperti nama teman yang dimilikinya, nama buah yang ada di halaman rumah, kegiatan yang dilakukan sehari-hari atau yang lainnya. Jangan berikan anak kosakata yang masih asing dalam kesehariannya karena itu akan membuatnya kesulitan untuk memahaminya. Selain itu, jika ada kemungkinan saat proses membaca anak ternyata tidak bisa melakukannya secara langsung, Kita bisa melakukannya dengan memintanya untuk belajar mengeja terlebih dahulu.

Keempat, Mengajak Anak untuk Membaca Sambil Bernyanyi dan Menari

Ayah Bunda pasti sudah mengajarkan lagu anak pada buah hati Kita bukan? Kalau iya, Kita bisa memanfaatkannya sebagai cara mudah belajar membaca untuk anak. Jangan terlalu berpikir bahwa suara Kita tidak cukup layak untuk didengarkan, asalkan Aybun bisa melihat peluang bahwa dengan bernyanyi kemampuan membaca anak bisa meningkat, maka lakukanlah.

Terakhir, Lakukan Proses Pembelajaran Ini Secara Berkala

Dengan melakukan proses pembelajaran ini secara berkala. Jangan berpikir soal lama waktu yang Ayah Bunda perlukan, tetapi jika Ayah Bunda melakukan langkah-langkah seperti di atas secara berkala dan rutin setiap hari, maka ini secara tidak langsung akan menciptakan kebiasaan yang baik bagi anak sehingga memperbesar peluang juga anak akan tetap menerapkannya bahkan saat dia dewasa nanti. Jangan lupa berikan selingan dalam setiap pengajaran supaya anak tidak bosan, misalnya, hari ini Ayah Bunda mengajar anak untuk membaca, besoknya Ayah Bunda bisa mengajarinya menulis, lalu besoknya lagi Ayah Bunda bisa mengajarinya untuk mengisi titik-titik atau meniru gambar sederhana seperti gari lurus atau garis melengkung yang telah Ayah Bunda buat.

 

Oke sampai disini dulu pembahasan kita, karna metode diatas sudah banyak di buktikan, sekarang gilaran Ayah dan Bunda ya agar si Buah Hati dapat menjadi anak yang Pintar dan Cerdas yang berawal dari dini. Tapi perlu diingat, Intinya disini adalah kesabaran Ayah dan Bunda lah yang melakukan trik-trik diatas agar cepat berhasil.

About Rendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *